Senin, 03 Agustus 2009

Fiber Optik

Pengertian FO

Fiber Optik adalah kabel yang terdiri atas serat kaca tipis yang membawa informasi pada frekuensi dalam spectrum cahaya. Pada vacuum, cahaya akan menembus dengan kecepatan 300.000 kilometer per detik dalam suatu garis lurus. Cahaya digunakan untuk membawa data melalui serat optik. Sinar cahya harus dijaga selalu berada di dalam serat optic sampai ke tujuan.


Kabel serat optik:

Core

Adalah bagian dari serat optik di mana cahya melakukan perjalanan, dan ada pengertian lain yaitu element transmisi cahaya yang berada pada pusat serat optik. Core juga memiliki jalur optik yang terbatas, ada dua macam jalur optik yaitu:

Terdiri dari Single Mode dan multimode.

Single Mode mengirimkan data hanya ke satu pelanggan. Bandwidthnya lebih lebar. Single mode terdiri dari satu mode. Sedangkan Multimode terdiri dari banyak mode, bandwidthnya besar tapi tidak terfokus pada satu titik.

Tipe konektor yang digunakan untuk kabel serat optic Multimode dan single mode

Untuk multimode subscriber connector (SC Connector) dan untuk single mode menggunakan Straigh Tip (ST Connector)


Perangkat transmisi serat optik

Transmitter merubah sinyal elektronik ke dalam bentuk gelombang cahaya. Sedangkan Receiver sebaliknya. Ada 2 sumber cahaya yang di gunakan, yaitu:

-= LED (Light Emitting Diode) Yang menghasilkan sinar infa merah dengan panjang gelobang 850 nm/ 1310 nm. Lensa di gunakan untuk meng fokuskan sinar infra merah pada ujung penerima

-= LASER (Light Amplification by Stimulated Emission Radiation) yang akan menghasilkan sinar tipis dengan panjang gelombang 1310 nm/ 1550 nm

Perangkat semi konduktor yang di gunakan sebagai receiver adalah pintrinsic-n diode (PIN photodiodes). PIN photodiode di desain agar sensitif terhadap cahaya dengan panjang gelombang 850, 1310/ 1510 nm.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar